"Bahan Ajar Inovatif Berbasis Modul POP-UP"
BAHAN AJAR INOVATIF BERBASIS MODUL POP-UP TEMA 9 SUB TEMA 1 KELAS 5 SD
A. PENGERTIAN BAHAN AJAR
Bahan ajar
adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa
berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for
Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based
Training).
B. ANALISIS MODUL POP-UP
Penggunaan modul
seringkali menjadi penolong guru dalam mendidik. Selain membantu, modul juga
dapat menjadi ladang kreatifitas guru dalam pembelajaran.
Modul dapat
dikembangkan sesuai dengan kreatifitas guru berdasarkan pada sumber daya yang
ada. Perlu adanya suatu pengembangan dalam membuat modul disebabkan karena kemenarikan
media yang digunakan siswa untuk belajar, membuat siswa menjadi lebih
bersemangat.
Pembuatan modul
pop-up dapat menambah ketertarikan siswa karena tampilan yang sangat menarik
dan jarang ditemukan. Dengan modul pop-up, sangat diharapkan siswa mampu
memahami materi dengan cara yang berbeda dan menambah nilai lebih.
C. CARA PENGGUNAAN
1. Buka buku dengan hati-hati agar pop-up tidak rusak
2. Baca dan lihat gambarnya dengan seksama agar dapat memahami
materi yang ada
3. Uji ingatanmu dengan mengerjakan latihan-latihan soal
4. Ikuti panduan dari para tokoh
5. Gunakan bermacam-macam tekhnik penggunaan pop-up yang unik dan
menarik.
D. KELEBIHAN KEKURANGAN
Kelebihan:
-
Sangat menarik
-
Memicu kreatifitas siswa
-
Banyak tokoh
-
Materi dikemas dengan
variatif dan media 3 dimensi
-
Terdapat panduan, soal dan soal yang tak membosankan
-
Terdapat DVD lagu daerah
-
Full Colour
Kekurangan:
-
Sulit dibuka dan ditutup
-
Harus ekstra hati-hati dan
lembut dalam penggunaannya
-
Jika rusak akan
mempengaruhi materi lain
-
Perlu pengawasan oleh guru
dalam pemakaiannya yang pertama kali
Komentar
Posting Komentar